Selasa, 16 April 2013

Topologi Jaringan

Salam semangat... :D
Langsung saja rekan-rekan...
Sekarang saya akan sedikit memberikan sedikit informasi mengenai topologi jaringan, mulai dari topologi yang utama sampai kepada pengembangannya...
Langsung di sedot aja ya rekan-rekan...

Topologi adalah suatu aturan/ rules  bagaimana menghubungkan komputer (node) satu sama lain secara fisik dan pola hubungan antara komponen-komponen yang berkomunikasi melalui media/ peralatan jaringan seperti: server, workstation, hub/ switch, dan pengabelannya (media transmisi data). Ketika kita memutuskan untuk memilih suatu topologi maka kita perlu mengikuti beberapa spesifikasi tertentu.

Ada dua jenis topologi, yaitu physical topology (topologi fisik) dan logical topology (topologi logika). Topologi fisik berkaitan dengan layout atau bentuk jaringan, seperti bagaimana memilih perangkat dan melakukan instalasi perangkat jaringan. Sedangkan topologi logika berkaitan dengan bagaimana data  mengalir di dalam topologi fisik. Jika topologi fisik bagaikan tubuh maka topologi logika dapat diibaratkan seperti darah yang mengalir dalam tubuh.

Topologi (fisik) komputer dapat juga digunakan untuk mempermudah memahami jaringan komputer. Ada 3 topologi utama yang menjadi dasar bagi topologi yang lain, yaitu :
  1. Bus
  2. Ring
  3. Star
 Ada juga topologi utama untuk LAN ada 5 buah, yaitu:
  1. Bus
  2. Star
  3. Ring
  4. Tree
  5. Mesh
Setelah melakukan perbandingan, ternyata topologi Mesh dan Tree dapat dipandang sebagai gabungan dari topologi yang lain. Agar dapat memahami perbedaan masing-masing topologi, maka melalui blog ini saya akan mencoba menjelaskan mengenai 5 buah topologi tersebut.

Ada beberapa penjelasan yang mengelompokkan topologi berdasarkan jumlah komputer yang menggunakan media transmisi data. Berdasarkan ketentuan tersebut maka topologi jaringan dapat dibagi menjadi dua, yaitu:
  • Point to Point (P2P)
  • Multipoint

 Topologi Point to Point hanya melibatkan dua buah komputer saja. Misalkan dua buah komputer yang berkomunikasi via modem. Komunikasi dua buah komputer via kabel null modem atau laplink atau inframerah merupakan contoh lain implementasi topologi ini. Karena media transmisi data hanya digunakan oleh dua buah komputer maka umumnya metode akses dan protokol yang digunakan relatif sederhana.

Sedangkan pada topologi multipoint, melibatkan lebih dari dua komputer. Inilah yang lazim disebut sebagai topologi jaringan sebagaimana yang banyak dikenal orang. Contoh topologi yang termasuk multipoint adalah:
  • Bus
  • Star
  • Ring
  • Tree
Bagaimana dengan topologi mesh? Sebagian ahli menyebutkan bahwa topologi mesh sebenarnya termasuk dalam kategori point to point. Agar tidak menyebabkan pertentangan hanya karena perbedaan pendapat, maka melalui blog ini saya akan mencoba membahas topologi jaringan yang sudah banyak dikenal dan dipakai orang, yaitu 5 buah topologi yang terdiri dari atas bus, ring, star, tree, dan mesh. Silahkan sedot informasi nya di artikel selanjutnya mengenai topologi tersebut ya rekan-rekan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar