Minggu, 14 April 2013

Evolusi Jaringan

Salam rekan-rekan IT..
Saya mau kembali sedikit berbagi informasi buat rekan-rekan sekalian.. :D
pada artikel kemarin membahas tentang sejarah jaringan komputer, sekarang mari kita sedot informasi tentang evolusi jaringan, mulai dari mainframe pertama, konsep terbentuk LAN, WAN dan sampai dengan Internet.
Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian

-Evolusi Jaringan-
Mainframe Pada Era 1960-1970 an
Pada tahun 1940-an komputer adalah suatu alat dengan ukuran besar yang sangat rentan  terhadap  kesalahan. Pada tahun 1947, ditemukannya transistor semikonduktor membuka banyak kemungkingan untuk membuat komputer dengan ukuran  lebih kecil dan tentunya  lebih handal.
Pada tahun 1950-an, institusi-institusi besar mulai menggunakan komputer-komputer mainframe, dimana dijalankan dengan program-program punched card. Pada akhir tahun  1950-an, Integrated  circuit (IC) yang  mengembangkan  beberapa dan sekarang  jutaan, transistor pada satu semikonduktor yang kecil telah ditemukan pada tahun 1960-an, mainframe dengan terminal dan IC telah banyak digunakan.

LAN (Local Area Network) pada era 1970-1980 an
Pada akhir 1960-an dan 1970-an komputer-komputer yang lebih kecil dengan sebutan minikomputer telah diciptakan. Walau bagaimana-pun, minikomputer-minikomputer masih dalam ukuran yang sangat besar dibanding dengan standar modern saat ini. Pada tahun 1977, Apple Komputer Company memperkenalkan mikrokomputer, dimana dikenal dengan sebutan MAC. Pada  tahun 1981 IBM memperkenalkan PC pertamanya. Mac yang user-friendly, IBM PC yang open-archetecture, dan langkah  lebih  jauh  dari  proses "micro-minisasi"  dari  IC membawah penyebaran luas dari PC baik di rumah maupun di kantor-kantor. Pada masa ini  jaringan-jaringan local mulai dibuat dikembangkan dengan berbagai macam teknologi.

WAN (Wide Area Network) Pada Era 1980-1990 an
Pada pertengahan 1980 pengguna PC mulai menggunakan modem untuk berbagi file dengan  komputer lain. Hal ini dikenal sebagai point-to-point, atau komunikasi dial-up. Konsep ini disebar oleh penggunaan komputer yang merupakan pusat dari komunikasi dalam koneksi  dial-up.  Komputer-komputer  ini  disebut bulletin  boards. Para pengguna  akan terhubung ke bulletin boards, meninggalkan dan mengambil pesan sebagaimana upload dan download file. Kekurangan dari tipe ini adalah sangat sedikitnya komunikasi langgung dan selanjutnya hanya orang-orang tertentu yang tahu mengenai bulletin board. Pembatasan lain dari bulleting board adalah satu modem per satu koneksi. Jika lima orang  terhubung  secara simultan, hal ini akan memerlukan lima modem terkoneksi ke lima jalur telepon terpisah. Jumlah orang yang ingin  menggunakan sistem ini berkembang, sistem ini selanjutnya tidak dapat meng-handle  kebutuhan  yang  terus  meningkat. Sebagai contoh, bayangkan jika 500 orang ingin terhubung dalam waktu yang bersamaan. 

 
Internet Pada Era 1990 an
Dari tahun 1960-an ke tahun 1990-an Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DoD) mengembangkan Wide Area Networks (WAN) yang besar, dapat dihandalkan untuk militer dan alasan-alasan sains. Teknologi ini berbeda dari komunikasi point-to-point yang digunakan dalam  bulletin boards. Hal ini memungkinkan beberapa komputer untuk terhubung secara bersamaan melalui beberapa jalur berbeda. Jaringan itu sendiri akan bias membedakan bagaimana  memindahkan data dari komputer satu ke komputer lain. Satu koneksi dapat digunakan untuk  berhubungan dengan banyak komputer pada saat yang bersamaan. Jaringan yang diterapkan DoD  nantinya akan menjadi jaringan yang mendunia pada saat ini yang disebut Internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar