Minggu, 21 April 2013

Topologi Jaringan Tree dan Karakteristiknya

Topologi tree disebut juga topologi star-bus atau star/ bus hybrid. Topologi tree merupakan gabungan beberapa topologi star yang dihubungkan dengan toppologi bus.Toplogi bus digunakan untuk menghubungkan beberapa LAN dengan LAN lain. Hubungan antar-LAN dilakukan via hub. Masing-masing  hub dapat dianggap sebagai akar (root) dari masing-masing pohon (tree). Topologi tree dapat mengatasi kekurangan topologi bus yang disebabkan persoalan broadcast traffic, dan kekurangan topologi star yang disebabkan oleh keterbatasan kapasitas port hub.

Karakteristik yang dimiliki topologi tree mirip dengan topologi bus dan star. Begitu juga dengan peralatan, kabel, dan teknik pemasangan. Oleh sebab itu kita tidak akan membahasnya lebih detail. Apabila kabel penghubung antar-hub putus, maka jaringan star masih tetap dapat berfungsi, hanya saja hubungan dengan jaringan star yang lain akan terganggu.

Walaupun disebut sebagai jaringan bus, namun tidak selalu harus menggunakan kabel coaxial. Bisa saja menggunakan serat optik, wireless, atau jenis kabel yang lain. Topologi tree banyak digunakan untuk WAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar