Selasa, 30 April 2013

Serba-serbi Wireless LAN (part 3 - finish)


Akhirnya sampai juga di garis finish untuk artikel mengenai serba-serbi Wireless LAN..
Langsung to the point aja.. :D
  • Ad Hoc atau Mode Ad Hoc
Ad Hoc merupakan istilah lama yang digunakan untuk menunjukkan model network peer-to-peer atau device-device. Yaitu jenis WLAN yang tidak menggunakan router atau access point.
  • Infrastructure atau Mode Infrastructure
Istilah Infrastructure digunakan untuk WLAN yang menggunakan access point. Network semacam ini dapat terdiri atas banyak (lebih dari tiga) client Wi-Fi. Kadangkala mode Infrastructure disebut sebagai mode Managed.
  • Bluetooth
Bluetooth merupakan salah satu alternatif teknologi wireless yang berbeda dengan keluarga 802.11. Bluetooth diperkenalkan oleh Ericsson pada tahun 1994, untuk keperluan mobile phone. Ericsson berhasil membuat mobile phone dan headset tanpa kabel.
Bluetooth lebih banyak digunakan pada mobile phone, PDA, televisi, oven microwave, stereo set, remote contro VCD/ DVD player dan peralatan rumah tangga lainnya. Pengguna komputer juga dapat menjumpai periperal Bluetooth berupa mouse, printer, keyboard, headphone, mic, joystick, dan sebagainya. Keunggulan bluetooth dibandingkan Wi-Fi terletak pada kemampuannya menggantikan berbagai fungsi kabel tradisional secara "hemat energi". Bluetooth lebih banyak digunakan pada WPAN (Wireless Personal Area Network) atau jaringan mini. 
  • IrDA
IrDA merupakan singkatan dari Infrared Data Association. IrDA berbeda dengan bluetooth dan Wi-Fi. Peralatan IrDA menggunakan cahaya infra merah sebagai media transmisi data.
Pada umumnya peralatan IrDA beroperasi pada frekuensi pada frekuensi 900 MHz dan kecepatan transfer data 9,6Mbps. Munculnya teknologi Bluetooth dan Wi-Fi menyebabkan harga peralatan IrDA semakin terjangkau. Harga peralatan IrDA umumnya hanya setengah harga peralatan Bluetooth.
IrDA cukup populer bagi pemakai komputer laptop, PDA, dan mobile phone. Sayangnya berbagai keterbatasan teknis yang sulit di atasi, seperti:
  1. Kecepatan transfer data relatif kecil.
  2. Komunikasi point-to-point (satu ke satu), tidak bisa satu ke banyak peralatan (point-to-multipoint)
  3. Posisi pengirim dan penerima harus saling berhadapan dan pada satu garis lurus (line-of-sight)
  4. Jangkauan pendek, sekitar 1 hingga 2 meter
  5. Tidak boleh ada penghalang/ rintangan di antara pengirim dan penerima
telah menyebabkan  IrDA kurang cocok digunakan untuk WLAN.
Beberapa model laptop dan PDA masih menggunakan IrDA sebagai sarana komunikasi antarperalatan. IrDA masih digunakan sebagai alternatif pengganti kabel dan telah menempati posisi tertentu dalam perkembangan teknologi wireless.

  • Hotspot
Hotspot atau area hotspot adalah tempat khusus yang disediakan untuk mengakses Internet menggunakan peralatan Wi-Fi. Umumnya layanan hotspot bersifat gratis. Dengan berbekal laptop atau PDA maka koneksi Internet dapat dilakukan secara cuma-cuma.
Biasanya pengguna terlebih dahulu harus melakukan registrasi ke penyedia layanan hotspot untuk mendapatkan login dan password. Kemudian pengguna dapat mencari area hotspot, seperti pusat perbelanjaan, kafe, hotel, kampus, bandara udara, dan tempat-tempat umum lainnya. Proses otentikasi dilakukan ketika browser diaktifkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar