Jumat, 03 Mei 2013

WLAN vs Wired LAN

Wired LAN atau LAN merupakan teknologi yang sudah lama dikembangkan sebelum WLAN. Untuk selanjutnya akan digunakan istilah wired LAN guna mempertegas perbedaanya dengan WLAN. Wired LAN menggunakan kabel jaringan yang dibuat dari bahan logam atau fiber. Komputer-komputer pada wired LAN memerlukan kartu jaringan (ethernet, token ring, dsb) dan central node berupa hub atau switch. Kecepatan transfer data yang dapat dilalui pada sebuah kabel dapat mencapai orde giga bit per detik.

Meskipun teknologi WLAN sudah cukup maju, mudah dikonfigurasi, dan harga peralatan WLAN semakin terjangkau, namun ternyata orang-orang lebih menyukai wired LAN daripada WLAN. Harga peralatan WLAN yang lebih mahal dibandingkan wired LAN mungkin menjadi penyebab utama mengapa WLAN belum sepenuhnya diterima oleh pengguna komputer. Selain itu, wired LAN lebih stabli dibandingkan WLAN. Data yang dipancarkan oleh gelombang radio lebih mudah rentan terhadap gangguan medan listrik, magnet, tembok penghalang, dan pengaruh cuaca.

Sebenarnya baik WLAN atau pun wired LAN dapat "hidup saling berdampingan". Kedua-duanya sama-sama bermanfaat dan memiliki kelebihan maupun kekurangan. Berikut tips-tips berikut mudah-mudahan dapat membantu Anda dalam memutuskan apakah harus memilih wired LAN atau WLAN.

  • Cocok untuk Siapa?
Ada anggapan bahwa WLAN hanya diperuntukkan bagi golongan tertentu, seperti para eksekutif, administrator jaringan perusahaan besar, atau mereka yang sering bepergian sambil membawa laptop atau PDA.
Anggapan seperti ini tidaklah sepenuhnya benar. Setiap pengguna komputer dapat memanfaatkan teknologi wireless. Keunggulan wireless terletak pada kemudahan instalasi dan integrasi dengan jaringan yang sudah ada. Pengguna komputer tidak perlu direpotkan dengan instalasi kabel jaringan, pengaturan lokasi komputer atau tata letak peralatan jaringan. Proses penggabungan dengan jaringan yang sudah ada dapat dilakukan dalam hitungan menit.
Jika anda lebih mementingkan fleksibilitas, tidak ingin dipusingkan dengan instalasi kabel, memiliki beberapa peralatan yang mudah dibawa-bawa atau harus sering dipindah-pindah (dengan alasan mengubah desain interior, dsb) maka WLAN sangat cocok untuk Anda.

  • Faktor Biaya
Persaingan antar-vendor hardware telah menyebabkan harga sebuah ethernet card lebih murah dibandingkan Wi-Fi adapter. Sebuah Wi-Fi adapter kelas low end rata-rata dijual dengan harga US$ 33 s/d 50. Sementara ethernet card dari kelas yang sama dapat diperoleh dengan harga di bawah US$10, belum lagi peralatan lain seperti router, hub, switch, dan sebagainya. Hampir selalu dapat dipastikan peralatan wireless lebih mahal dibandingkan dengan peralatan wired LAN.
Dari segi biaya, jelas wired LAN lebih disukai oleh pengguna komputer dibandingkan dengan WLAN. Jika Anda termasuk dalam golongan yang "sensitif harga" mana mungkin WLAN bukan pilihan tepat.

  • Performa
Sebuah ethernet card tradisional menghasilkan kecepatan transfer data hingga 10Mbps. Sebuah Fast ethernet menawarkan kecepatan transfer data sepuluh kali lipat ethernet tradisional. Dari segi kecepatan transfer data atau performa jelas wired LAN lebih unggul daripada WLAN. Jika anda sering menjalankan aplikasi kelas berat seperti: streaming video, CAD/CAM, transfer file musik, sharing file, game 3D, maka wired LAN lebih cocok dibandingkan WLAN.
Meskipun secara teoritis telah dikembangkan standar baru WLAN dengan kecepatan transfer data di atas 54Mbps, namun dalam prakteknya masih banyak kendala yang harus diatasi untuk mencapai kecepatan transfer data sebesar itu secara penuh.

  • Kemudahan Instalasi
Wired LAN memerlukan instalasi kabel jaringan. Kabel yang digunakan umumnya berjenis UTP. Setiap kabel harus dihubungkan dengan hub atau switch. Semakin banyak jumlah komputernya akan semakin rumit proses instalasi kabel yang dilakukan.
Dari segi kemudahan instalasi, jelas WLAN mengungguli wired LAN. Proses penempatan komputer tidak terlalu mempengaruhi kerumitan instalasi. Komputer dapat dipindah-pindah dan ditempatkan di mana saja sepanjang masih dalam jangkauan gelombang radio.

  • Fitur Security
Security atau keamanan merupakan hal yang penting. Pada ethernet card, hub, atau switch tidak ada opsi security yang bersifat built-in (secara hardware). Informasi ditransfer "apa adanya" dari satu komputer ke komputer yang lain. Wired LAN mengandalkan kemampuan security dari software yang diinstal pada komputer firewall. Dalam prakteknya solusi software sudah cukup memadai. Namun apabila software firewall gagal diaktifkan maka informasi yang lalu-lalang menjadi "tidak terlindungi".
Peralatan WLAN pada umumnya dibuat dengan dukungan security built-in, yaitu berupa kemampuan enkripsi. Enkripsi yang digunakan pada Wi-Fi disebut WEP. Saat ini sudah ada standar security terbaru bernama WPA dan WPA2 yang menawarkan kemampuan lebih baik dibandingkan WEP.
Kesimpulannya, baik wired LAN maupun WLANI sama-sama memiliki fasilitas security. Hanya saja pada WLAN fitur security sudah built-in sehingga tidak perlu melakukan setting firewall, proxy, dan sebagainya. Sedangkan pada wired LAN harus ditambahkan software khusus untuk keperluan security.

  • Reliabilitas
Reliabilitas menyangkut aspek ketersediaan dan keutuhan informasi. Informasi yang dikirim harus sampai ke tujuan dengan selamat. Peralatan wired LAN seperti: kabel, hub, switch, telah terbukti sangat reliable. Kasus di mana data tidak sampai ke tujuan atau rusak di jalan pada umumnya hanya disebabkan oleh kabel yang terputus atau kerusakan  peralatan oleh sebab lainnya,
Gelombang radio yang digunakan pada WLAN masih harus dibuktikan sampai sejauh mana bersifat reliable. Beberapa kasus gangguan cuaca, kilat, tembok penghalang, interferensi gelombang radio oleh peralatan lain, dan sebagainya ternyata dapat mempengaruhi informasi yang dikirim. Vendor WLAN saat ini terus berusaha mengatasi kendala tersebut.
Jika reliabilitas merupakan pertimbangan utama maka wired LAN tampaknya lebih cocok untuk anda dibandingkan WLAN.
Semoga tips-tips tersebut dapat membantu Anda dalam memilih WLAN atau pun wired LAN sesuai dengan kebutuhan Anda.
 
 

 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar