Kamis, 02 Mei 2013

Tips memilih peralatan Wi-Fi (episode kedua)

langsung saja episode kedua tentang peralatan Wi-Fi

  • Kemudahan Instalasi
Pada umumnya komputer laptop dan desktop menggunakan operasi grafis yang memiliki fasilitas plug-and-play. Sebagian lagi menggunakan sistem operasi UNIX, Linux atau sistem yang lain. Apabila sistem operasi yang digunakan sudah mendukung plug-and-play dan komputer Anda memiliki port USB maka untuk memudahkan proses instalasi sebaiknya pilihlah Wi-Fi jenis USB.
Kita tidak perlu membongkar casing komputer dan melakukan instalasi card pada slot motherboard. Adapter jenis USB saat ini semakin populer dan semakin variatif. Proses deteksi perangkat USB oleh sistem operasi juga sudah semakin baik.
Bagi pengguna laptop lama yang belum memiliki port USB, tampaknya pilihan terbaik jatuh pada Wi-Fi adapter jenis PCMCIA. Dari segi harga, sebuah Wi-Fi adapter PCMCIA umumnya lebih mahal dibandingkan dengan Wi-Fi adapter USB. Namun, Wi-Fi adapter PCMCIA lebih tipis dan sudah lama didukung oleh sistem operasi. 

  • Teknologi Terbaru
MIMO merupakan standar Wi-Fi terbaru yang dikeluarkan pada tahun 2004. MIMO mengikuti spesifikasi IEEE Pre-802.11n. MIMO relatif masih baru. MIMO dibuat untuk melengkapi teknologi Wi-Fi yang sudah ada dan diposisikan sebagai standar Wi-Fi di masa yang akan datang. Peralatan yang mendukung MIMO dijual dengan harga jauh lebih mahal dibandingkan yang biasa.
-Wi-Fi adapter MIMO hanya bekerja optimal jika ditunjang oleh access point MIMO. Teknologi MIMO masih relatif baru, pertimbangkan terlebih dulu sebelum memutuskan memilih merk atau vendor tertentu yang meng-klaim telah mendukung MIMO.-

  •  Indoor dan Outdoor
Peralatan wireless tidak hanya dapat digunakan dalam satu ruangan atau satu gedung (indoor). Fakta menunjukkan adanya kecenderungan memanfaatkan peralatan Wi-Fi untuk area yang lebih luas (outdoor atau extended WLAN). Pastikan anda memilih produk yang memang menyediakan peralatan yang dibutuhkan untuk keperluan outdoor. Mungkin antipetir juga diperlukan untuk melindungi peralatan anda.

  • Menggunakan Access Point atau tidak
Anda dapat membangun WLAN tanpa access point. Access point mutlak diperlukan jika WLAN akan digabungkan dengan wired LAN. Access point juga diperlukan jika anda ingin membangun WLAN berukuran cukup besar. Saat ini banyak vendor membuat access point dengan fitur tambahan. Ada access point yang juga berfungsi sebagai router, DHCP server, NAT, dan ADSL modem. Sekurang-kurangnya pilihlah access point yang berfungsi sebagai DHCP server.

  • Garansi
Umumnya hardware komputer bergaransi 1 tahun. Ada pula produk yang bergaransi hingga 3 tahun. Namun, kadangkala toko komputer mengurangi garansinya menjadi 1 tahun saja. Toko komputer semacam ini biasanya tidak mau menanggung risiko kerugian apabila ada produk yang rusak. Mungkin juga Anda dapat menemukan beberapa produk yang dijual di pasar tanpa garansi. Biasanya produk semacam ini berharga murah dan tidak jelas asal-usulnya (black market).
  • Sesuaikan dengan Anggaran 
Masalah biaya pada akhirnya akan menjadi faktor utama yang menentukan apakah suatu produk dapat dimiliki atau tidak. Sesuaikan jenis barang dengan anggaran yang ada. Jika anggaran Anda sangat ketat, sebaiknya pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan tergoda oleh berbagai fitur yang ditawarkan. Karena belum tentu Anda benar-benar memerlukannya.
Sekianlah tips saya dalam memilih peralatan Wi-Fi. Semoga bermanfaat bagi kita semua.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar